Kopi Wamena     Pemasaran     Informasi     Hubungi Kami

Tips menyimpan kopi dan teh

Menikmati secangkir kopi atau teh sehari-hari lebih dengan menguasai seni kopi yang tempat dan penyimpanan teh. Berikut ini adalah cara menyimpan biji, kopi, kopi bubuk dan teh. Berikut tips dari rd.com dalam menyimpan kopi dan teh.

Menyimpan kopi
    Beli dalam bentuk biji. Para ahli dan penikmat kopi setuju, satu-satunya cara untuk mempersiapkan secangkir kopi yang layak adalah membeli biji kopinya dan menggilingnya sebelum dibuat sebagai minuman. Oksigen menyebabkan kopi kehilangan rasa, dan kopi memiliki permukaan yang lebih luas untuk kontak dengan oksigen.
    Beli dalam jumlah yang cukup. Seperti kebanyakan hal yang kita konsumsi, demikian juga dengan kopi, kopi segar adalah yang terbaik. Direkomendasikan untuk membeli kopi yang hanya digunakan dalam seminggu atau dua minggu, atau maksimal satu bulan. Jika tidak menyeduh kopi secara teratur, jangan membeli satu kilogram dan berharap masih enak dua bulan kemudian.
    Jaga agar tetap kering, dingin, dan kedap udara. Kopi memiliki empat musuh: udara, kelembaban, panas, dan cahaya. Untuk melindungi biji kopi, bukalah dari kemasannya dan simpan dalam wadah yang kedap udara dan buram, jauhkan dari panas dan kelembaban.
    Bekukan jangka panjang sampai satu bulan. Jika membeli kopi yang akan digunakan dalam beberapa minggu, pisahkan kelebihannya ke dalam kantong freezer kecil dan kedap udara. Simpan dalam lemari pendingin tidak lebih dari sebulan.

Menyimpan Teh

    Jaga agar tetap kering. Seperti kopi, teh dan kelembaban tidak bisa dicampur. Jauhkan teh, baik teh tubruk atau kantung teh celup, dari kelembaban dengan menyimpannya dalam wadah kedap udara. Jangan pernah menyimpan teh di lemari pendingin.
    Melindunginya dari cahaya, panas, dan udara. Dauh teh adalah daun. Seperti halnya dedaunan, ketika daun teh terkena  unsur-unsur seperti cahaya, panas, dan udara mereka kehilangan warna. Bersamaan dengan itu, juga hilangnya rasa dan potensi manfaat kesehatan. Jangan pernah menyimpan teh di tempat terbuka, atau di gelas atau wadah plastik. Pilihlah tempat penyimpanan yang kedap udara dan buram, tempatkan di tempat yang sejuk dan kering (bukan di atas kompor atau di samping bak cuci piring).
    Simpanlah jauh dari bau. Teh, memiliki kecenderungan menyerap bau di sekitarnya. Di samping herbal berbau kuat dan rempah-rempah atau sabun cuci piring yang ada dalam lemari tempat yang sama Anda menyimpan teh. Simpanlah teh dalam wadah kedap udara yang akan melindungi penyerapan dari bau yang kuat, juga jauhkan daun teh dari benda yang lebih pedas.

Sumber : Dikutip dari Intisari-online.com